Slide

1 / 3
Silat Seruling Dewata
2 / 3
Silat Putri di Puncak Watukaru tahun (2016)
3 / 3
Silat Putra di Puncak Watukaru tahun (2016)

Ilmu Pernafasan

 Ilmu Pernapasan-Tenaga Dalam

Ilmu tenaga dalam dilatih melalui pengaturan napas serta penyaluran ke bagian tubuh tertentu sehingga dapat membangkitkan tenaga yang Maha Dahsyat , seperti beberapa contoh Ilmu Tenaga Dalam yaitu

Ilmu Tenaga Dalam Bunga Teratai, Ilmu Tenaga Sakti Bhumi dan Langit, Ilmu Sakti Surya Kencana .

sedikit tentang Tenaga Sakti Bunga Teratai, adalah merupakan rahasia tehnik menghimpun tenaga dalam. Tenaga Sakti Bunga adalah merupakan dasar tenaga dalam dari Perguruan Silat Seruling Dewata, tanpa mempelajari Tenaga Sakti Bunga Teratai, maka tidak akan bisa menguasai ilmu tenaga dalam yang lebih tinggi dari Perguruan Seruling Dewata.

Tenaga Sakti Bunga Teratai terdiri dari 8 ( delapan ) tahap latihan. Tenaga Sakti Bunga Teratai merupakan latihan menghimpun dan menggabungkan tiga kekuatan utama yaitu : Kekuatan Tuhan ( Sang Pencibta ) , kekuatan alam, dan kekuatan manusia.bila kita melakukannya dengan tekun dan benar, maka kita akan memiliki tenaga yang jauh lebih besar dari tenaga manusia biasa yang dibawa sejak lahir , juga disertai kekuatan alam dan kekuatan tenaga dari Tuhan yang kita himpun, hisap secara perlahan dikala kita melakukan semadhi sehingga kekuatan kekuatan tersebut terserap kedalam tubuh kita dan menyatu dengan kekuatan yang kita bawa sejak lahir.kekuatan Tuhan akan meresap kedalam tubuh kita melalui ubun-ubun sewaktu kita menghirup napas , sedangkan kekuatan alam akan meresap kedalam tubuh kita melalui pori-pori kulit kita, sementara tenaga atau kekuatan sejati kita yang kita bawa sejak lahir yang dinamakan Bayu Sejati bisanya masih tersembunyi dalam diri kita.

ada tiga hal yang perlu kita perhatikan dalam melakukan latihan Tenaga Sakti Bunga Teratai supaya berhasil ,

  1. kesadaran dan keyakinan akan adanya 3 kekuatan utama dan kita harus memasukan dalam konsentrasi saat latihan .
  2. kesabaran , keuletan dan ketekunan dalam berlatih .
  3. Napas atau Pernapasan , napas yang dipakai saat latihan Tenaga Sakti Sakti Teratai adalah Napas Sejati , yaitu napas yang tidak menerbitkan suara, lancar keluar masuknya , beruntun dengan halus dan teratur , hingga terasa bagai ada dan tiada. ( di kutip dari Buku Pustaka Seruling Dewata )

berikut penulis menulis sedikit tentang latihan Tenaga Sakti Bunga Teratai , tenaga sakti bunga teratai Pertama dari 8 tahapan dari ilmu tenaga sakti bunga teratai.

1. Duduk bersila
2. Napas Pembersih 3x
3. Aturan Napas :

  1. Hirup napas secara halus dan perlahan selama 10 hitungan melalui hidung, tampung didada. Lidah tekuk keatas perut dikempiskan dan dada di kembungkan.
  2. Tahan napas selama 10 hitungan, lidah ditekuk keatas dada dikembungkan, perut dikempiskan.
  3. Keluarkan napas melalui hidung secara halus dan perlahan selama 10 hitungan sambil secara perlahan perut dikembungkan. Lidah tekuk kebawah dada dikembungkan.

lakukanlah beberapa kali.

Sekarang diulas bagaimana tanda-tanda kalau latihan kita benar dan bagaimana cirri-ciri kalau latihan kita salah :
Latihan yang Benar

  1. Perut , pinggang, kaki dan lengan terasa hangat.
  2. Kalau dalam tahap permulaan latihan tubuh terasa panas bagai dibakar istirahatlah beberapa saat/kurangi konsentrasi. Tapi kalau sudah terbiasa tidak menjadi masalah.
  3. Waktu latihan banyak keluar Air Liur. Air liur jangan dibuang keluar ( berludah ), tapi harus ditelan . air liur hasil latihan kalau ditelan didalam lambung akan berkumpul dalam suatu tempat yang dinamakan "Ladang Mustika " dari sini akan meresap keseruluh tubuh usus menyebabkan kita tahan terhadap racun melalui makanan.
  4. Waktu berlatih perut berkeruyuk ( keroncongan )
  5. Waktu latihan banyak keluar keringat.

Latihan Yang Salah :

  1. Waktu latihan kepala terasa pening / pusing
  2. Waktu latihan mata berkunang-kunang
  3. Waktu / habis latihan tubuh terasa berat dan malas.